RSS

Keunikan 6 Sirkuit MotoGP 2011


Keunikan 6 Sirkuit MotoGP 2011

1.      Sirkuit Losail, Qatar
Sirkuit Losail, Qatar begitu mewah terlihat apalagi jika malam hari. Sirkuit yang dibangun tahun 1986kemudian di modifikasi pada tahun 2002 ini, menelan biayrehab mencapai 58.000.000 USD! Atau kira-kira 600 milyar rupiah lebih. Angka tersebut, dijawab sukses besar sirkuit ini,karena menjadi sirkuit termegah yang selalu menjadi langganan pertama digelarnya MotoGP. Ini semua karena keistimewaannya dan karena kesipan pihak pengelolanya.

2.      Sirkuit Silverstone, Inggris.
Sebelum difungsikan menjadi sirkuit F1 dan MotoGP. Lahan seluas 5,67 km ini awalnya adalah lapangan terbang saat perang dunia kedua. Sirkuit ini selalu menjadi andalan pembalap mobil sekelas F1. Dalam perkembangannya, setelah sirkuit Donnington Park nggak lagi menjadi tuan rumah digelarnya MotoGP di negeri ratu Elizabet ini. Pada 11 Juli 2010 adalah tanggal bersejarah bagi sirkuit Silverstone. Karena ditanggal ini, dimulainya MotoGP di sirkuit Silverstone. Yang dibangun tahun 1948 ini.

3.      Sirkuit Philip Island, Australia
Jika sirkuit Losail, Qatar menawarkan pemandangan indah buatan arsiteknya. Sirkuit Philip Island justru sudah indah memang dari sononya alias asli. Sirkuit ini terbentang luas persis di atas bukit, dimana gak jauh dari area itu terbentang luas hamparan laut biru. Pokonya Amazing abis.
Soal trek dijamin paling gokil diantara sirkuit lainnya. Philip Island menawarkan satu sudut biasa dan empat sudut dengan kemiringan U ekstrem. Yang lebih bahaya lagi, justru perubahan arah mata angin, terutama spot-spot menikung kekanan.
Sekedar catatan, khusu di Philip Island perubahan arah mata angin hanay seperkisaran detik dapat terjadi denagn cepat. Maklum dekat laut, sehingga pembalap manapun harus bisa membaca situasi ini, jika tetap ingin melaju di putaran corner milik Philip Island.

4.      Sirkuit Motegi, Jepang
Jepang menempatkan 3 pabrikkan utama di kejuaran motoGP yaitu Yamaha, Honda dan Suzuki. Meski balapan sudah berlangsung dari tahun 1960-an nyatanya Jepang baru memiliki sirkuit pada tahun 1997 dengan nama Motegi.
Selain berfungsi sebgaisirkuit, Motegi juga menjadi museum penyimpanan semua otomotif yang lahir di negara Sakura ini. Satu hal yang membuat semua orang bisabetah di Motegi ini yaitu konsep one for all. Di bawah sirkuit ada resort, hotel, pasar swalayan , dan ruang meeting. Komplit!

5.      Sirkuit Jerez, Spanyol.
Sirkuit Jerez lebih dikenal sebagai sirkuit teknikal. Lekukan corner nya memang gak pertama dan ketiga. Beruntung cuaca di Jerez sangat bersahabat, karena sirkuit yang berdiri tahun 2002 ini berada di atas lembah pegunungan. Setelah diperbaiki, Jerez menjadi sirkuit yang mempunyai tempat penonton paling banyak hingga 250.000 tempat duduk.

6.      Sirkuit Murgelo, Italia
Kenal Italia jangan lupakan legenda hidup pembalapnya, yaituValentino Rossi. Mantan pembalap yamaha itu, sangat garang tampil di sirkuit ini. Sirkuit mugello jauh lebih rumit dan teknikal dari sirkuit Jerez, Spanyol. Bentuk treknya sepeti menyapu kurva dengan cepat, sedikit melambat pada spot-spot menikung tajam, setelah itu gas pol untukmenaiki trek lurus.
Di bangun tahun 1974, kemudian pada tahun 1998 Ferrari membeli Mugello dan menyulapnya menjadi sirkuit modern dengan tingkat keamanan paling tinggi. Di sirkuit ini, memungkinkan mobilisasi suporter lebih banyak, untuk mendukung pembalap jagonnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar