RSS

jaringan komputer



1.1   Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan lainnya. Dalam sebuah jaringan komputer, terdapat sebuah komputer server dan komputer client. Komputer server berfungsi melayani penerimaan data, untuk mengatur aliran data, sebagai penyedia sumber yang dibutuhkan oleh koputer-komputer client. Sumber tersebut dapat berupa data-data, program-program, file-file dan sebagainya. Komputer client adalah komputer yang menerima pelayanan.
Bila jaringan komputer terhubung ke internet, komputer server dapat berfungsi sebagai gateway, karena komputer server tersebut merupakan gerbang atau jalur yang digunakan oleh komputer client untuk mengakses internet. Komputer server juga berperan sebagai webserver yang berfungsi untuk menyimpan halaman-halaman web dari situs web dan juga sebagai mail server.

Manfaat yang dapat diperoleh dari jaringan komputer antara lain:
1)       Membagi sumber daya
Jaringan komputer dimanfaatkan sebagai sarana sember daya yang ada. Sumber daya tersebut berupa data-data, file-file dan program-program.
2)       Reliabilitas Tinggi
Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengcopykan data-data kedua atau ketiga komputer bahkan lebih. Hal ini menguntungkan karena kita tidak terhambat meskipun ada komputer yang rusak.
3)       Menghemat uang
Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan komputer yang harus digunakan. Satu buah printer dapat digunakan oleh beberapa orang karyawan.
4)       Sarana komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi misalnya ketika memberikan pengumuman rapat, pimpinan tidak perlu mengirimkan surat cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.

1.2 Berbagai Jenis Jaringan

            Jaringan komputer dapat dibedakan yaitu, jaringan kabel atau jaringan tanpa kabel/nir kabel (wireless network). Jaringan kabel adalah jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan oleh kabel jaringan. Jaringan tanpa kabel adalah jaringan komputer yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio.
            Jaringan nir kabel memiliki kelebihan karena kemampuannya untuk bergerak, jaringan nir kabel merupakan solusi yang tepat untuk sarana komunikasi.

Dilihat dari area yang dicakupnya jaringan komputer dapat digolongan atas 4 jenis yaitu:
1)       Local Area Network (LAN)
Local Area Network adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung atau perkantoran. LAN dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tertentu. Komputer-komputer dihubungkan untuk membagi sumber daya yang terdapat dikantor tersebut.

2)       Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang besar yang letaknya berdekatan. MAN dapat dimanfaatkan oleh pemerintah maupun swasta.


3)       Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis. WAN banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak dibelahan dunia.

4)       Internet
Internet merupakan jaringan yang sangat besar yang mencakup seluruh dunia. Orang yang terhubung ke internet berarti terhubung kesemua komputer diseluruh dunia. Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN dan WAN yang ada diseluruh dunia.


1.2   Perangkat Jaringan Komputer

  1. Server
Komputer server umumnya mempunyai sisitem operasi,aplikasi,dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan.Pada jaringan yang besar server database dibuat terpisah.Jika jaringan dihubungkan ke internet,komputer server berfungsi sebagai gateway client untuk mengakses internet.

  1. Client
Komputer client adalah komputer yang digunakan untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server dan menerima pelayanan dari komputer server.

  1. Kartu jaringan
Kartu jaringan atau LAN card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan motherboard komputer yang terdapat di jaringan server maupun client. Kartu jaringan memungkinkan komputer-komputer yang terdapatpada jaringan saling berkomunikasi dan mempertukarkan data.

  1. Hub
Hub berfungsi membagi sinyal data dari LAN card,sebagai penguat sinyal.Hub memungkinkan sebuah kabel dari komputer server dihubungkan ke komputer cliet, jarak komputer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih jauh.

  1. Kabel dan konektor
Kabel dan konektor adalah jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan yang lainnya. Kabel yang umum digunakan di jaringan adalah kabel UTP.

  1. Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal di jaringan. Repeater menguatkan sinyal yang diterima komputer pengirim,sehinga kekuatan sinyal sama dengan aslinya.

  1. Bridge
Bridge adalah jaringan yang digunakan untuk menghubungkan sebuah jaringan (LAN)
Dengan jaringan lain.Dengan menggunkan nridge maka sebuah jarigan yang lebih besar dapat diperoleh.

  1. Router
Router berfungsi untuk mengatur aliran data dari suatu jaringan ke jaringan lain.Arus data dari satu LAN dapat diisolasi dari arus LAN yang lain.Ada dua jenis router, router dedicated yang merupakan keluaran dari pabrik, router PC adalah komputer PC yang dibuat menjadi router.

v     PERTANYAAN  PEMAHAMAN (Hal.24)
1)     Jelaskan apa yang dimaksud dengan jaringan komputer !
· Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya.

2)       Jelaskan beberapa keuntungan yang diperoleh dengan adanya jaringan komputer !
1)       Membagi sumber daya
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa file-file dan program. Dengan  adanya jaringan kompuer maka sumber daya yang harus disediakan dapat dikurangi.

2)        Reliabilitas Tinggi
 Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengopikan data-data ke dua atau ke tiga komputer, bahkan lebih. Hal ini akan menguntungkan karena tidak terhambat, meskipun ada komputter yang rusak ataupun data-data yang hilang.
3)        Menghemat Uang
 Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer.

4)        Sarana Komunikasi
       Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi. Misalnya, ketika pimpinan perusahaan memberikan pengumuman rapat,pimpinan perusahaan cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada, tidak perlu mengirimkan surat kepada semua stafnya.

3)       Jelaskan perbedaan dari MAN dan WAN !
·  Kalau MAN adalah jaringan LAN dalam versi yang lebih besar. Umumnya, MAN digunakan untuk menghubungkan beberapa kantor yang letaknya berdekatan.
·  Sedangkan WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang sangat luas dari segi geografis.WAN dapat saja mencakup sebuah negara atau benua.WAN banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang daerah operasinya mencakup beberapa negara yang terletak di berbagai belahan dunia.

4)       Jelaskan apa yang dimaksud dengan LAN Card dan apa fungsinya?
·  LAN Card adalah perangkat keras jaringan yang dipasangkan di motherboard komputer yang terdapat di jaringan (baik server maupun client).
·  Fungsi LAN Card yaitu memungkinkan komputer-komputer yang terdapat dalam jaringan saling berkomunikasi dan mempertukarkan data-data.

5)       Jelaskan fungsi dari router !
·  Fungsi router adalah untuk mengatur aliran data dari satu jaringan ke jaringan yang lain.



2.1  Komunikasi data

                 Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan ,baik di lokal (LAN) maupun di internet. Data harus melalui satu komputer ke komputer lain .
                 Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan meggunakan protokol-protokol. Protokol adalah aturan-aturan yang membuat dua buah komputer saling mengerti satu dengan yang lain. Protokol dapat juga disebut bahasa komunikasi komputer. Sama halnya dengan kita yang dapat berkomunikasi dengan orang lain jika menggunakan bahasa yang sama, maka komputer juga dapat berkomunikasi satu sama lain jika kedua komputer menggunakan protokol yang sama.
                 Dalam komunikasi data, komputer menggunakan protokol-protokol komunikasi data. Protokol-protokol tersebut bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. Bentuk dari protokol tersebut dapat berupa perangkat lunak maupun perangkat keras komputer.
                 Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luas adalah TCP/IP (Transfer Control Protocol / Internet Protocol ). TCP/IP merupakan sebuah kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. Masing-masing protokol mempunyai fungsi dapat memastikan data yang dikirimkan sampai ke alamat dan aplikasi yang benar serta dalam keadaan tidak rusak.
                 TCP/IP mempunyai kelebihan, yaitu dapat mengomunikasikan dua buah komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan. TCP/IP memungkinkan komunikasi antara komputer PC dengan Macintosh atau antara sistem operasi Windows dengan Unix atau Linux.
                 TCP/IP terdiri dari empat lapis kumpulan protokol atau biasa disebut dengan istilah layer. Setiap protokol dalam setiap lapis mempunyai funsi masing-masing. Keempat lapis kumpulan protokol yang ada di TCP/IP dan fungsi masing-masing protokol, antara lain :
a)                   Application  Layer
Lapisan ini berfungsi sebagai interface (antarmuka) antara pengguna dengan data.Pada lapisan ini terdapat semua aplikasi yang menggunakan protokol TCP/IP.

b)                   Transport Layer
Transport Layer berfungsi untuk mengadakan komunikasi antara dua host/komputer.Protokol yang ada pada lapisan ini adalah TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol)

c)                     Internet Layer
Internet Layer terdiri dari protokol IP, ARP, dan ICMP. Protokol IP berfungsi untuk menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. ARP berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer yang terletak pada jaringan yang sama. ICMP digunakan untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan pengiriman data, sehingga data yang gagal terkirim akan dikirimkan kembali.
                                                      

d)                   Network Interface Layer
Network Interface Layer berfungsi mengirimkan dan menerima data dari media fisik jaringan. Media fisik disini dapat berupa kabel jaringan, serat optik, atau gelombang jaringan (jika jaringan merupakan jaringan nirkabel)

Pada saat mengirimkan data, setiap protokol akan menambahkan informasi kepada setiap paket data sebelum meneruskan paket data tersebut ke layer dibawahnya. Informasi yang ditambahkan disebut dengan header dan berfungsi untuk mengontrol pengiriman dan penerimaan data agar berjalan dengan baik. Header akan ditempatkan di bagian depan setiap paket data. Proses penambahan header disebut dengan istilah enkapsulasi (encapsulation).
                 Salah satu tujuan jaringan komputer dan internet dibuat adalah agar dua komputer atau lebih dapat saling berbagi sumber daya, termasuk data-data dan informasi. Kelancaran komunikasi data diantara dua komputer dalam sebuah jaringan sangatlah tergantung kepada kemampuan jaringan tersebut untuk melewatkan data-data setiap waktunya. Kemampuan jaringan melewatkan data tergantung kepada lebar pita jaringan atau disebut bandwidth. Kemampuan jaringan untuk melewatkan data diukur dengan satuan bits per second atau bps.  Artinya adalah berapa bit data setiap detiknya yang dapat dilewatkan dalam sebuah jaringan.
Ø      Untuk meningkatkan arus lalu lintas data di jaringan dapat dilakukan dengan menggunakan cara-cara sebagai berikut :
·                              Dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi jaringan pita lebar yang mempunyai kemampuan untuk melewatkan data yang lebih besar.
·                              Dapat dilakukan dengan menggunakan media jarinagn yang mempunyai hambatan yang lebih kecil, misalnya kabel serat optik.
·                              Dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi kompresi data. Sebelum dilewatkan dijaringan, data terlebih dahulu dikompres kemudian dikirimkan melalui jaringan. Pada sisi penerima, paket data tersebut kemudian dikembalikan. Dengan cara ini maka ukuran data yang dilewatkan dijaringan menjadi lebih kecil, sehingga lalu lintas data semakin cepat.

Ø    Ada beberapa metode atau cara kerja yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan komputer, antara lain :
a.         Spoofing
·  Bentuk penyusupan dengan cara memalsukan identitas user sehingga hacker bisa login ke sebuah jaringan komputer secara ilegal.
·  Pemalsuan identitas user ini menyebabkan hacker bisa login seolah-olah sebagai user yang asli.

b.         Scanner
·  Menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer di jaringan lokal ataupun komputer di jaringan lain.
·  Cara ini memungkinkan seorang hacker yang berada di Jepang dapat melihat kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer yang ada di Indonesia.

c.         Sniffer
·  Program ini berfungsi sebagai penganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer.
·  Program tersebut mengatur kartu jaringan (LAN CARD) untuk memonitor dan menangkap semua lalu lintas paket data yang melalui jaringan, tanpa mempedulikan kepada siapa paket data tersebut dikirimkan.

d.         Password Cracker
·  Program ini dapat membuka password yang sudahh dienkripsi (dikodekan)
·  Selain itu, ada juga password cracker yang bekerja dengan cara menghancurkan sistem keamanan password.

e.         Destructive Devices
·  Program ini berupa virus yang dibuat untuk menghancurkan data-data.

Ø    Untuk menjaga keamanan data-data pada saat data tersebut dikirim dan pada saat   data tersebut telah disimpan di jaringan komputer, maka  dikembangkan beberapa teknik pengamanan data.
Ø     Beberapa teknik pengamanan data yang ada saat ini, sebagai berikut :
1)     Internet Firewall
·  Jaringan komputer yang terhubung ke internet perlu dilengkapi dengan internet Firewall.
·  Internet Firewall berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke sistem internal. Dengan demikian, data-data yang berada di dalam jaringan komputer tidak dapat diakses oleh pihak-pihak luar yang tidak bertanggung jawab.
·  Firewall bekerja dengan 2 cara, yaitu :
§    Menggunakan Filter
-      Firewall filter menyaring komunikasi agar terjadi seperlunya saja, hanya aplikasi tertentu saja yang bisa lewat dan hanya komputer dengan identitas tertentu saja yang bisa berhubungan
§    Menggunakan Proxy
-      Firewall Proxy berarti mengizinkan pemakai dari dalam untuk mengakses internet seluas-luasnya, namun dari luar internet hanya dapat mengakses satu komputer tertentu saja.

2)                Kriptografi
·  Kriptografi adalah seni menyandikan data. Data yang akan dikirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet. Di komputer tujuan, data tersebut dikembalikan ke bentuk aslinya, sehingga dapat dibaca dan dimengerti oleh penerima.
·  Data disandikan agar apabila ada pihak-pihak yang menyadap pengiriman data, pihak tersebut tidak dapat megerti isi data yang dikirim karena masih berupa sandi. Dengan demikian, keamanan data dapat dijaga.
·  Ada 2 proses yang terjadi dalam kriptografi, yaitu ;
o      Proses enkripsi
-      Proses enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi data sndi.
o      Proses dekripsi
-      Proses dekripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data aslinya.
·  Data asli atau data yang akan disandikan disebut dengan plain teks.
·  Data hasil penyandian disebut cipher teks.
·  Proses enkripsi terjadi di komputer pengirim, sebelum data tesebut dikirimkan.
·  Proses dekripsi terjadi di komputer penerima sesaat setelah data diterima, sehingga penerima dapat mengerti data yang dikirim.

3)       Secure Socket Layer (SSL)
·  Browser dilengkapi dengan Secure Socket Layer yang berfungsi untuk menyandikan data.
·  Dengan cara ini, komputer-komputer yang berada di antara komputer pengirim dan penerima tidak dapat lagi membaca isi data.

PERTANYAAN PEMAHAMAN (Hal. 30)
1)    Jelaskan apa yang dimaksud dengan komunikasi data dan bps !
·      Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer  yang terhubung dalam sebuah jaringan , baik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan yang lebih luas, seperti internet.
·      Kemampuan jaringan untuk melewatkan data diukur dengan satuan bits per second atau bps.  Artinya adalah berapa bit data setiap detiknya yang dapat dilewatkan dalam sebuah jaringan.

2)     Jelaskan beberapa cara yang digunakan untuk meningkatkan lalu lintas data dalam  jaringan !
·      Dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi jaringan pita lebar yang mempunyai kemampuan untuk melewatkan data yang lebih besar.
·      Dapat dilakukan dengan menggunakan media jarinagn yang mempunyai hambatan yang lebih kecil, misalnya kabel serat optik.
·      Dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi kompresi data. Sebelum dilewatkan dijaringan, data terlebih dahulu dikompres kemudian dikirimkan melalui jaringan. Pada sisi penerima, paket data tersebut kemudian dikembalikan. Dengan cara ini maka ukuran data yang dilewatkan dijaringan menjadi lebih kecil, sehingga lalu lintas data semakin cepat.

3)         Jelaskan perbedaan hacker dan cracker !
·      Kalau hacker adalah Pelaku hacking, Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi   ataupun mencari kelemahan sistem jaringan secara ilegal.
·      Sedangkan cracker adalah Pelaku cracking. Cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara ilegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau menghancurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut.

4)         Jelaskan beberapa bentuk serangan yang digunakan oleh hacker dan cracker !  a.Spoofing
·    Bentuk penyusupan dengan cara memalsukan identitas user sehingga hacker bisa login ke sebuah jaringan komputer secara ilegal.
·    Pemalsuan identitas user ini menyebabkan hacker bisa login seolah-olah sebagai user yang asli.

b.Scanner
·   Menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer di jaringan lokal ataupun komputer di jaringan lain.
·   Cara ini memungkinkan seorang hacker yang berada di Jepang dapat melihat kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer yang ada di Indonesia.

c.Sniffer
·   Program ini berfungsi sebagai penganalisis jaringan dan bekerja untuk memonitor jaringan komputer.
·   Program tersebut mengatur kartu jaringan (LAN CARD) untuk memonitor dan menangkap semua lalu lintas paket data yang melalui jaringan, tanpa mempedulikan kepada siapa paket data tersebut dikirimkan.

d.Password Cracker
·   Program ini dapat membuka password yang sudahh dienkripsi (dikodekan)
·   Selain itu, ada juga password cracker yang bekerja dengan cara menghancurkan sistem keamanan password.

e.Destructive Devices
·   Program ini berupa virus yang dibuat untuk menghancurkan data-data.

5)         Sebutkan beberapa teknologi pengamanan data yang dilakukan !
v Internet Firewall
·  Jaringan komputer yang terhubung ke internet perlu dilengkapi dengan internet Firewall.
·  Internet Firewall berfungsi untuk mencegah akses dari pihak luar ke sistem internal. Dengan demikian, data-data yang berada di dalam jaringan komputer tidak dapat diakses oleh pihak-pihak luar yang tidak bertanggung jawab.
·  Firewall bekerja dengan 2 cara, yaitu :
§  Menggunakan Filter
-      Firewall filter menyaring komunikasi agar terjadi seperlunya saja, hanya aplikasi tertentu saja yang bisa lewat dan hanya komputer dengan identitas tertentu saja yang bisa berhubungan
§  Menggunakan Proxy
-      Firewall Proxy berarti mengizinkan pemakai dari dalam untuk mengakses internet seluas-luasnya, namun dari luar internet hanya dapat mengakses satu komputer tertentu saja.

v  Kriptografi
·  Kriptografi adalah seni menyandikan data. Data yang akan dikirim disandikan terlebih dahulu sebelum dikirim melalui internet. Di komputer tujuan, data tersebut dikembalikan ke bentuk aslinya, sehingga dapat dibaca dan dimengerti oleh penerima.
·  Data disandikan agar apabila ada pihak-pihak yang menyadap pengiriman data, pihak tersebut tidak dapat megerti isi data yang dikirim karena masih berupa sandi. Dengan demikian, keamanan data dapat dijaga.
·  Ada 2 proses yang terjadi dalam kriptografi, yaitu ;
oProses enkripsi
-    Proses enkripsi adalah proses mengubah data asli menjadi data sndi.
o  Proses dekripsi
-    Proses dekripsi adalah proses mengembalikan data sandi menjadi data aslinya.
·  Data asli atau data yang akan disandikan disebut dengan plain teks.
·  Data hasil penyandian disebut cipher teks.
·  Proses enkripsi terjadi di komputer pengirim, sebelum data tesebut dikirimkan.
·  Proses dekripsi terjadi di komputer penerima sesaat setelah data diterima, sehingga penerima dapat mengerti data yang dikirim.

v  Secure Socket Layer (SSL)
·  Browser dilengkapi dengan Secure Socket Layer yang berfungsi untuk menyandikan data.
·  Dengan cara ini, komputer-komputer yang berada di antara komputer pengirim dan penerima tidak dapat lagi membaca isi data.

C. Review Perintah dan Istilah Baru
v Tinjaulah perintah-perintah dan istilah-istilah baru di bawah ini. Berilah tanda cek di kolom cek jika kamu merasa sudah memahami kegunaan perintah dan arti dari istilah yang baru diperkenalkan.

         Istilah/Perintah
   Cek
         Istilah/Perintah
   Cek
LAN
ü  
Hacking
ü  
MAN
ü  
Cracking
ü  
WAN
ü  
Hacker
ü  
Hub

Cracker
ü  
Repeater

Spoofing

Router

Scanner

Bridge

Sniffer

TCP/IP

Password Cracker

Application Layer

Destructive Device

Transport Layer

Internet Firewall

Internet Layer

Kriptografi
ü  
Network Interface Layer

Secure Socket Layer


v   SOAL-SOAL EVALUASI
1.       Jaringan yang dapat mencakup sebuah negara. disebut C. WAN
2.       Berikut ini merupakan manfaat dari jaringan komputer, kecuali D.Kita dapat mengakses data orang lain tanpa diketahui.
3.       Perangkat berikut yang berfungsi untuk menghubungkan dua LAN adalah B. Bridge
4.       Perangkat berikut yang berfungsi untuk mengisolasi arus data yang datang dari satu LAN dengan yang datang dari LAN yang lain A. Router
5.       Perangkat berikut yang memungkinkan dua buah komputer saling berkomunikasi dan mempertukarkan data dalam jaringan adalah D. LAN Card
6.       Protokol jaringan yang berfungsi untuk mengirimkan dan menerima data ke dan dari media fisik jaringan adalah D. Network Interface Layer
7.       Bentuk penyusupan yang dilakukan dengan cara memalsukan identitas user dikenal dengan istilah A. Spoofing
8.       Program yang berfungsi untuk memonitor jaringan dan menangkap paket data yang melewati jaringan disebut C. Sniffer
9.       Teknik pengamanan data yang dilakukan dengan cara menyandikan data-data yang dikirim dikenal dengan istilah B. Kriptografi
10.   Teknik pengamanan data yang dilakukan dengan cara memfilter arus komunikasi yang masuk dan keluar di kenal dengan istilah A. firewall




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Thanks :D

best mengatakan...

thx :))

pullrt mengatakan...

keren

Posting Komentar